pengalaman-asuransi-unitlink

Oh, I Remember that day… Itu jaman pas saya lagi hamil 4 bulan… Pas lagi survey kesana kemari juga buat tabungan anak sekolah… Pass banget, ada ibu-ibu yang dateng ke kantor, yang notabene temennya buk bos saya…

Waktu itu saya bener2 buta plek sama yang namanya investasi. tergiur sama reksadana tapi ga ngerti. sempet nanya ke bank kustodian, tapi ga kunjung ngerti. belum juga selesai nanya, pak bos uda nelpon minta data. alhasil pulang dengan tangan hampa.

Nah temennya buk bos saya ini, agen asuransi… Buk Bos cerita, katanya untuk pendidikan ngambil sama ibu ini, dari anaknya yang pertama sampai yang terakhir. Yang sekarang anaknya pertama itu uda kerja. Lama banget kan? Makanya saya percaya wes…

“Ini program baru yang bagus mba, cocok untuk anak sekolah”…
“rencananya mau mba pake untuk anak kuliah ya? Bagus ini mba… lihat deh, tahun ke 18 uda segini… (sambil liatin ilustrasi yang waooo) mba pokoknya cukup bayar 10 tahun aja”
yaudin. saya manggut2 wae wes. apalagi liat ilustrasinya… keren gitu.

trus mata saya tertuju sama yang namanya : uang pertanggungan
ditanya soal up yang kecil, cuma 15juta waktu itu, ibunya pinter kali berkelit.
“mbanya gausah lihat itu, anggep aja ini uang free cuma2. ini kan cuma keluar kalo terjadi apa-apa sama mbanya. mba ga pengen terjadi apa2 sama mbanya kan?”

Seandainya saja, waktu itu saya pengetahuan yang cukup soal insurance, sudah pasti saya kasikan BIG NO deh sama ibu itu. Waktu itu, saya ambil yang minimal per bulannya : 250ribu. saya ambil yang minimal, karena feeling saya uda ga enak PLUS saya ga enak sama buk bos karena uda nolak.

alasan ini bukan untuk ditiru yah… your money, your choice, entah itu uang mau dipake apa juga, jangan takut untuk bilang NO, apalagi kalau uda feeling say NO …. #pelajaranbangetbuatsaya

Setelahnya, saya mulai buka2 masalah asuransi… mulai dari masalah asuransi jiwa, dll… mulai minta proposal untuk asuransi jiwa, belajar sama agen asuransi yang prospekin saya (tapi sebelumnya saya juga uda googling yah).. Saya baru tahu kalau asuransi jiwa itu penting.

Dari sana saya baru ngeh. saya harus balik pola pikir saya. Saya harus pegang uang pastinya. Apa itu uang pasti? Uang Pertanggungan itu. Uang Pertanggungan itu yang pasti keluar kalau amit-amit terjadi apa-apa sama saya  (sesuai dengan klausul di polis yah). Uang Perkembangan Investasi yang WOW itu uang ga pasti. Karena apa yang di ilustrasi itu bakal beda dengan yang RIIL terjadi di lapangan.

pengalaman-asuransi-unitlink 2

 

Setelah menimbang dengan seksama, dan karena saya sudah ketemu asuransi jiwa yang lain, yang cocok buat saya, akhirnya saya putuskan untuk menutupnya. Sekarang, saya masih dalam proses untuk menutup polis asuransi unitlink yang up 15juta itu, tanpa bantuan agennya. Kata mba CSnya, dalam waktu sebulan, uang saya akan cair ke rekening saya. Semoga tidak ada halangan yah… FYI, total bayar saya selama 2 tahun : 6 juta. Nilai Tunai yang saya terima : 1,5juta. Bukan, ini bukan salah agen asuransinya. Semuanya sesuai dengan ilustrasi, di tahun kedua memang besarnya masih hanya sebesar 1,3jt. Tetapi, nilai uang pertanggungan yang hanya 15juta itu menjadi soal. Walaupun di ilustrasi asuransi unitlink itu terlihat wow banget ilustrasinya, jujur, saya tidak suka berpegangan pada hal yang tidak pasti. Dan ketimbang saya membuang waktu percuma membayar lebih banyak uang, dipotong lebih banyak biaya, dan menerima kerugian yang lebih besar, lebih baik saya tutup saja asuransi unitlink ini toh? 🙂

 


3 Comments

Ariza · September 21, 2018 at 1:16 am

hai saya riza, saya masih buta masalah asuransi asuransi ini. tapi kalo baca dari postingan kok cukup menarik. sebenernya saya sudah diberitahu oleh orang orang kalau asuransi dan investasi itu cukup penting apalagi kalau sudah berkeluarga pasti dibutuhkan. tapi masih tetap buta masalah kayak gini. bisa diberitau dulu mba baca bacanya gimana ?

    arunamom · March 15, 2019 at 6:45 am

    halo, salam kenall,
    kebetulan saya orangnya kurang suka baca2 kalau masalah finansial gini, googling pun kadang kebanyakan malah yang nawarin produk,. jadi butuh pendapat dari orang lain juga mba, yang penting seneng dulu sama topiknya, nanti pasti ketemu sama orang2 yang menyukai topik yang sama. saya biasanya ngobrol ketemu sama agen asuransi yang lain, bedah produk kami masing2, nanti lama2 tahu deh kelebihan dan kekurangan produk masing2, mana produk yang emang bagus untuk asuransi, dimana cocoknya nyimpen uang untuk investasi. seru deh.:)

Ariza · September 21, 2018 at 1:16 am

hai saya riza, saya masih buta masalah asuransi asuransi ini. tapi kalo baca dari postingan kok cukup menarik. sebenernya saya sudah diberitahu oleh orang orang kalau asuransi dan investasi itu cukup penting apalagi kalau sudah berkeluarga pasti dibutuhkan. tapi masih tetap buta masalah kayak gini. bisa diberitau dulu mba baca bacanya gimana ? Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.