tabungan-mapan-cimb-niaga

Halo, semua.. Sekarang saya mau bahas untuk tabungan mapan CIMB Niaga ini yah. Ini adalah produk tabungan berjangka yang dikeluarkan oleh bank CIMB Niaga. Jangka Waktu yang bisa dipilih (menurut mba-mba CS loh ya) ada mulai dari 6 bulan, 1 tahun, 2 tahun, dan 3 tahun. Ini ketentuan di tahun 2017 yah. Terakhir saya kesana pas buka, ga ada itu yang jangka waktu 6 bulan, jadi saya ambil yang jangka waktu 4 tahun, waktu itu. Karena rencananya saya mau pakai untuk tabungan anak mau masuk SD. Ada 3 hal yang membuat saya tertarik banget buka tabungan mapan cimb niaga ini :

  1. Jangka Waktunya mulai dari setahun.
    Cocok buat Anda yang ingin nabung untuk jangka waktu yang relatif pendek. Seperti saya, untuk membayar cicilan tahunan misalnya.
  2. Bunga tabungan yang relatif tinggi. (antara 4% sd 5% per tahun kalau tidak salah)
    Ketika yang lain hanya berani memasang tarif 0 sekian persen per tahun, (lebih tinggi dari bunga tabungan si, tapi kan … kita cari bunga tabungan yang gedean dong kan…)
  3. Setoran awal mulai dari 100ribu rupiah saja
    Ga perlu uang berjuta2 untuk nabung di tabungan mapan cimb niaga ini.

 

tabungan-mapan-cimb-niaga

Tapi nih ya, tapi…. ada yang kurang saya suka nih… itu artinya, kalau saya mau nabung di tabungan mapan cimb niaga disini, saya mesti buka rekening baru. Karena sebelumnya saya ga punya rekening disini. Yang ternyata, biaya bulanannya 18.000 per bulan. Tapi gapapa sih ya, rekening ini saya gunakan untuk operasional saya juga, jadi multi fungsi.

Oleh karenanya, sebelum membuka tabungan disini, silahkan berfikir masak-masak terlebih dahulu ya…. Kalau memang sudah punya rekening disini, dan tertarik dengan tabungan berjangka Mapan dari CIMB ini, saya anjurkan banget yah.. Lumayan lah nyisihin 200.000 sebulan gitu, nanti di akhir bisa ambil uangnya plus bunganya, trus bisa dibelikan hape baru *halah*

tabungan-mapan-cimb-niaga

Nah, berhubung penghujung tahun 2017 ini adalah tahun yang cukup sulit untuk saya, tabungan mapan CIMB Niaga saya yang khusus untuk pendidikan anak ini sebelum jatuh tempo sudah saya cairkan. Rencana akan saya gunakan untuk tabungan pendidikan dalam bentuk yang lain.  (dalam bentuk reksadana tentu saja~)

Ya udah lah ya, singkat cerita saya kesana…
Kemana?
Ke bank CIMB Niaga lah, tempat saya membuka rekening tab berjangka ini dan minta untuk dicairkan tabungan mapan cimb niaga saya itu

Berapakah penalti nya?

Biaya Penalti dari pencairan Tabungan Mapan CIMB Niaga ini hanya 2% dari jumlah pencairan atau minimal Rp 50.000. Tergantung mana saja yang lebih besar.
Anyway, kmrn saya cuma dipotong 50.000 saja sih.

Sebelumnya saya juga sudah ‘ngempug’ celengan juga di tabungan berjangka dari bank mandiri  (Tabungan Rencana Mandiri) yah.. karena alasannya sama. Akhir Tahun bok, harga reksadana idaman lagi turun. Buat Jangka Panjang, mending dipake buat reksadana, toh?

Dibandingkan dengan lapak ‘sebelah’, jelas untuk biaya penalti jauh lebih murah ya, untuk bunga juga lebih gede disini. Tapi ya itu… buat yang belum punya tabungan disini, harap dipikir masak2 sebelum buka rekening baru yah… Bukannya kenapa, selain karena biaya bulanannya yang agak gede, kalau saya pribadi jujur agak ribet gitu kalau bawa banyak rekening. Ini juga kalau ga pas buat untuk operasional, mungkin juga ga bakal buat tabungan berjangka – tabungan mapan di cimb niaga ini deh. 🙂

 


8 Comments

Angelin Kasse · July 14, 2018 at 11:57 am

Salam, kebetulan Saya juga ikut nabung CIMB NIAGA,Saya ambil waktu 5 tahun and sudah hampir jatuh tempo 2 Hari lagi, kira2 cair nya nanti bagaimana? terima

    arunamom · July 16, 2018 at 2:16 am

    Biasanya nanti cairnya langsung masuk ke rekening, mba.. 🙂

Dimas · July 18, 2018 at 4:48 pm

Bagus pembahasan nya dan saya ada sedikit solusi yang saya lakukan sendiri tentang tabungan mapan dan pembukaan rekening

1. Bila berat dengan membuka rekening dengan potong sampai Rp. 18.000/bulan
Solusi nya adalah Buka Rekening bank Tabungan ku, Bilang aja langsung ke Cs nya buka Rekening Tabunganku tanpa harus tanya bisa atau ngga, karena kebanyakan di bilang ngga lah atau apa lah, langsung tembak aja omongan bilang buka tabungan ku, setor awal hanya Rp. 20 ribu aja tanpa potongan admin setiap bulan nya .

Tabungan ku itu produk BI (bank indonesia) yang di titipkan ke semua bank swasta dan bank pemerintah cuma kebanyakan bank menjual dan mendahulukan produk nya sehingga bila kita tanya bisa atau tidak pasti di arahkan nya ke rekening produk bank tsb jadi langsung bilang dan bergaya sudah memahami aja pasti di kasih setoran awal murah bebas pula biaya admin dan cukup buat penggunaan yang tidak transaksi besar.

    arunamom · July 19, 2018 at 12:46 am

    Wah, terimakasih infonya ya… Semoga bermanfaat juga untuk yang lainnya yang sedang membaca tulisan ini 🙂

Susan · July 19, 2018 at 5:14 am

Nice Share, saya buka yang TabunganKu tanpa potongan administrasi bulanan, dan juga buka Tabungan Mapan, itung2 nabung buat pendidikan anak. Kalau diambil sekitar 3-4 bulan sebelum jatuh tempo boleh ya? Dipotongnya berapa mom?

    arunamom · July 24, 2018 at 1:25 am

    boleh, mom…
    biasanya saldo yang dipotong 2% dari saldo pencairan atau minimal Rp 50.000. Tergantung mana saja yang lebih besar.
    Jadi kalau misalnya saldo yang mau dicairkan 2juta,
    2% dikali 2juta = 40.000
    karena yang dipotong kurang dr 50ribu, penaltinya hanya 50ribu saja.. 🙂

TIKA · August 7, 2018 at 2:53 am

mba mau nanya uang langsung di trf ya ke rekening kita setelah di ajuin pencairan lebih awal atau memakan waktu beberapa hari ?

    arunamom · March 15, 2019 at 6:48 am

    setelah pengajuan, biasanya CS-nya bilang, “nanti tunggu approval dulu ya mba, nanti sebelum siang sy info lewat telpon” begitu. biasanya kalau jumlahnya ga begitu besar, hari itu juga uda approval. kalau untuk pencairannya saya lupa.. pokoknya ga nyampe 3 hari seinget saya. semoga membantu ya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.