Tabungan Rencana Mandiri atau Mandiri Tabungan Rencana ini adalah tabungan berjangka yang dikeluarkan oleh Bank Mandiri. Enaknya, setiap bulan kita bisa dipaksa buat nabung langsung, apalagi buat kalian yang gajiannya emang lewat Bank Mandiri. Jadi misalnya gajian tanggal 1 gitu ya, kita bisa minta di autodebit di tanggal 2 atau tanggal 3. Jadi kita bisa nabung setiap bulannya sebelum tabungannya abis.

Untuk Suku Bunga per bulannya… Tabungan Berjangka ini paling kecil suku bunganya dibanding dengan tabungan berjangka yang lain yah. Bunga Tabungan Berjangka – Mandiri Tabungan Rencana ini cuma 0,90% per tahun. Tapi cukup worth it lah, untuk saya yang butuh tempat untuk nyicil biaya tahunan asuransi jiwa murni saya… Jadi kembali, tergantung kebutuhan yah… Untuk Syarat buka mandiri tabungan rencananya , dilansir dari bankmandiri.co.id ini yah… 🙂

  1. Suku bunga kompetitif, yaitu di atas suku bunga tier tertinggi Mandiri Tabungan.
  2. Jangka waktu MTR minimal 1 tahun dan maksimal 20 tahun.
  3. Usia Penabung minimal 18 tahun dan maksimal 70 tahun saat MTR jatuh tempo.
  4. Setoran rutin bulanan minimal Rp 100.000,- atau USD 10,- dan maksimal tidak terbatas, auto debit secara otomatis dari rekening nasabah ke MTR.
  5. Bank memberikan pertanggungan asuransi jiwa dan cacat tetap total kepada penabung MTR secara GRATIS.
  6. Jumlah pertanggungan per nasabah maksimal Rp 5.000.000,- per bulan.
  7. Penabung wajib mencetak bukti transaksi pembukaan rekening MTR atau mencatat nomor rekening MTR untuk digunakan mencetak Sertifikat Asuransi di Cabang terdekat.
  8. Syarat dan ketentuan lain berlaku.

Nah, saya punya 2 rekening tabungan rencana mandiri. Pertama saya buat untuk tabungan pendidikan anak, kedua untuk asuransi jiwa saya. Pas di awal saya kesana dan percaya diri, ada kesan yang agak ga enak dari mba CS pas saya jawab soal kegunaannya ini untuk Tabungan Pendidikan Anak. Doi bilang, “mending dari AXA aja yah bu… lebih menguntungkan… bla bla bla”. Trus saya jawab “ndak, saya cari tabungan murni aja untuk 5 tahun kedepan” Trus mbanya keukeuh banget bilang, “tabungan rencana mandiri / MTR ini sistemnya kayak arisan mba, jadi bunganya ga banyak”. Disana saya merasa, oke, berarti keputusan ini kurang tepat untuk pendidikan anak. Tapi, karena emang saya butuh waktu itu, saya pikir, saya buat aja lah.

Tabungan Rencana Mandiri / Mandiri Tabungan Rencana ini saya buat lewat CS, karena pada masa itu, saya ga punya mobile banking. Tapi sekarang untuk buka tabungan rencana mandiri ini bisa lewat mobile banking loh…

mandiri tabungan rencana 3   mandiri tabungan rencana 2

Nah, sudah 8 bulan berlalu. Saya bener2 butuh uang nih. Kepepet. Bingunglah saya mau buka ‘celengan’ mana. Akhirnya saya putuskan untuk buka celengan tabungan rencana mandiri ini. Salah satu pertimbangannya adalah, karena emang tujuannya udah ga pas. Selain itu, saya uda buka tabungan pendidikan anak ditempat yang lain.

Saya buka mobile banking dan disana ada mode Pembatalan Mandiri Tabungan Rencana.

mandiri tabungan rencana 1

Tapi, karena saya ga mau gegabah, datanglah saya ke CS tempat saya buka rekening mandiri tabungan rencana itu. Intinya, saya diperbolehkan untuk menarik semua tabungan saya, tapi kena penalti 150.000 kalau tidak salah. Kurang lebih begini rinciannya.

mandiri tabungan rencana 4

Dan benar kata mba CS, hanya rekening tabungan rencana mandiri yang dibuat melalui mobile banking itu saja yang bisa dibatalkan melalui mobile banking juga.

Pencairannya pun tergolong cepat. Setelah saya kesana, sorenya uang sudah cair ke rekening saya. Sebenarnya gapapa juga kalau ndak ngobrol ke CS minta dihentikan tabungan rencana mandiri-nya. Kalau dalam 3 bulan berturut-turut tidak menyetor uang ke rekening tabungan rencana mandiri, rekening tabungan rencana mandiri akan otomatis tertutup, dan dana akan langsung dikembalikan ke rekening kita, setelah dipotong biaya-biaya.

Tapi ya itu, masa iya saya mesti nunggu 3 bulan lagi, lha wong dibutuhinnya sekarang 🙂

 


3 Comments

yuliyanti · May 13, 2018 at 5:31 am

gmn caranya mencairkan tabungan rencana mandiri sebelum jatuh tempo..karna sy ga punya no prefik sertifikatnya..karna daftar nya via online seperti yg barusa di bahas di atas. pas mw di batalin hrs ada prefik sertifikatnya.. gmn caranya? apa harus tetap ke bank mandiri

    SUNADI · July 11, 2018 at 4:30 am

    Mbak harus datang ke Bank Mandiri Terdekat , untuk dapati sertifikat tersebut, gak lama kok mbak. paling catat no rekening tabungan mandiri dan bawa buku tabungan +ktp itu aja mbak

Tabungan Mapan Cimb Niaga – My Personal Review | by Aruna's Mom · November 23, 2017 at 7:14 am

[…] saya juga sudah ‘ngempug’ celengan juga di tabungan berjangka dari bank mandiri  (Tabungan Rencana Mandiri) yah.. karena alasannya sama. Akhir Tahun bok, harga reksadana idaman […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.